Sep 28, 2017

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Portable Drive

Web Gelap - Pada jaman yang canggih seperti sekarang semua menginginkan hal yang instan, mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar sekalipun kita tetap ingin melakukan dengan cara instan.

Tak terkecuali ketika kita memerlukan media penyimpanan external. Penyimpanan external yang sering kita lihat dan kita gunakan adalah FlashDisk, Tapi FlashDisk tersebut cuman bisa kita gunakan untuk penyimpanan semetara saja karena beberapa faktor, yaitu :

  • Dari kapasitas yang disajikan minim yang membuat kita harus menghapus file didalamnya ketika batas maximum hampir terpenuhi.
  • Mudah hilang karena ukurannya yang kecil.
  • Pada saat kita meletakan di kantong rentan sekali dengan kerusakan karena terhencet atau bisa juga terendam karena kita lupa menaruhnya.

Pada jaman internet memang ada media penyimpanan online yang disediakan pada beberapa website, sebut saja Google Drive yang bisa kita gunakan tapi tetap saja kapasitas yang menjadi kendala.
Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Portable Drive
Ketika kapasitas sudah penuh kita dianjurkan untuk menambah kapasitas dengan cara membeli kapasitas tambahan, tapi bagaimana untuk pelajar? Bagaimana ketika tidak tersedia akses internet? Nah disini kita memerlukan portable drive atau yang sering di sebut dengan nama hard drive. Dengan memiliki hard drive sendiri kita bisa bebas menyimpan MP3, video, Gambar, bahkan game tercinta kalian yang dimana kita tidak perlu khawatir dengan namanya kekurangan kapasitas karena hard drive sudah dibekali dengan kapasitas yang besar.

Nah kalian berkeinginan untuk memiliki Portable Drive, tapi masih ragu karena takut tidak sesuai dengan kebutuhan kita? Yuk disimak hal yang harus kita perhatikan sebelum kita membeli Portable Drive dibawah ini.

3 Hal Sebelum Membeli Portable Drive

  • Pastikan kapasitas yang disediakan pas untuk kita

Memang semakin besar kapasitas penyimpanan semakin baik untuk digunakan, tapi untuk apa kita mengeluarkan uang lebih hanya untuk penyimpanan yang tidak kita gunakan? Jadi dengan faktor tersebutlah kita harus mempertimbangkan media penyimpanan yang cukup untuk kita gunakan nanti.

Pada saat ini Portable Drive sudah ada yang berkapasitas 4TB, tapi ingat angka itu sangatlah besar dan harganya juga tidak murah. Jika kalian bertujuan untuk membeli Portable Drive untuk hanya menyimpan MP3 dan gambar tidaklah perlu kapasitas sebesar itu. Tapi beda halnya apabila kalian bergelut di dunia editing video atau developer game, kapasitas segitu sudah cukup.

  • Kecepatan dalam kinerja Portable Drive

Portable Drive dibagi menjadi dua tipe, yaitu Solid-state (SSD) dan juga Non-SSD yang dimana kedua tipe tersebut adalah versi biasa. Pekerjaan yang membutuhkan kecepatan akses seperti editing video dengan resolusi gahar kalian bisa memilih versi SSD. Tapi beda halnya jika kita bekerja dengan santay dan ringan kita tidak perlu Portable Drive versi SSD, cukup gunakan yang Non-SSD saya rasa sudah cukup.

Untuk hal kecepatan USB drive tipe 3.1 adalah USB yang kecepatannya dua kali lipat dari 3.0, tapi untuk harga cukup lumayan mahal sih. Beda dengan USB 2.0 yang lebih murah dengan konsekuensi kecepatannya yang sepuluh kali lipat lebih lelet ketimbang USB 3.0.

  • Persiapan untuk masa depan

Untuk masalah masa depan, tentu kita bisa berbicara tentang koneksi USB-A port yang segera akan berganti ke USB-C port. Kita akan membutuhkan kabel dengan koneksi USB-C untuk bisa kompatibel dengan laptop sekarang ataupun dimasa depan. Ada opsi lain juga apabila laptop atau pc kalian masih menggunakan USB-A port, kalian bisa membeli kabel konektor USB-C ke USB-A.

Tapi bukan berarti bisa kebalikannya ya guys. Laptop generasi baru hanya memiliki USB-C port jadi tidak bisa kita menggunakan kabel USB-A port, dan konektor dari USB-C port ke USB-A port juga belum tersedia.

Sekian tulisan saya yang berjudul Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Portable Drive, dengan kalian mempertimbangkan 3 hal tersebut semoga kalian tidak ragu dan salah pilih portabel drive yang kalian inginkan. Semoga bermanfaat guys.

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Portable Drive - Web Gelap

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Portable Drive Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Igdfy

0 komentar:

Post a Comment